Monday 16 October 2017

Pembukaan Cupu Kyiai Panjala

Ritual adat pembukaan Cupu Kyai Panjolo kembali dilaksanakan Selasa 17 Oktober 2017 dinihari. Ribuan warga dari berbagai pelosok di wilayah DIY, dan Jawa Tengah hadir menyaksikan tradisi unik yang digelar di Dusun Mendak, kalurahan Girisekar, Kecamatan Panggang, Gunungkidul ini.


Cupu Kyai Panjolo merupakan benda pusaka yang berupa tiga buah guci yang disimpan di dalam kotak kayu berukuran lebar 35 centimeter, panjang 20 centimeter dan tinggi 15 centimeter. Ketiga guci atau cupu tersebut terdiri dari cupu paling besar bernama Semar Kinandu, yang agak kecil Kalang Kinantang sedang yang paling kecil Kenthiwiri ini disimpan di rumah Dwijo Sumarto.

Ketiga guci atau cupu yang disimpan dalam kotak kayu yang diperkirakan berusia lebih dari 500 tahun tersebut kemudian dibungkus dengan kain mori tebal. Kain pembungkus inilah yang dibuka setiap tahun pada malam Selasa Kliwon Mongso Kapapat sesuai dengan penanggalan jawa. Setiap kali dibuka, di atas kain-kain mori tersebut terdapat simbol-simbol atau barang yang dipercaya merupakan ramalan dalam satu tahun ke depan.


Prosesi pembukaan Cupu Kyai Panjolo ini dimulai sejak Senin 16 Oktober 2017 malam. Ribuan warga dari berbagai daerah sudah memenuhi rumah serta halaman milik Dwijo Sumarto. Acara dimulai dengan kenduri yang dipimpin oleh tokoh masyarakat. Setelah itu dilanjutkan dengan makan nasi gurih dengan lauk suwiran ingkung ayam. Jelang dini hari atau sekitar pukul 01.00 WIB, acara dilanjutkan dengan kenduri kedua. Setelah abdi dalem memimpin doa, dilanjutkan dengan acara makan nasi gurih yang kedua. Yang unik, acara makan nasih gurih ini dilaksanakn secara kembulan. Setiap piring nasi gurih dengan lauk rempeyek dan apem harus dimakan berdua.

Selesai makan nasi gurih, acara inti dimulai. Cupu Kyai Panjolo yang sebelumnya disimpan dalam sebuah ruangan dibawa ke rumah bagian depan. Setelah itu dipimpin oleh sesepuh trah Eyang Seyeg, satu persatu kain mori dibuka. Setiap kali satu lapisan kain mori dibuka, akan terdapat simbol atau gambar yang kemudian diumumkan kepada warga yang sudah menunggu.

“Kita akan buka bersama-sama dan mohon semuanya untuk duduk. Perempuan dan anak juga tidak boleh masuk ke dalam ruangan,” ucap salah satu abdi dalem yang bertugas sebelum memulai ritual pembukaan Cupu Kyai Panjolo.


Dalam pembukaan Cupu Panjolo yang berakhir sampai pada pukul 02.45 kali ini, ada 44 simbol yang terbaca oleh keluarga trah Eyang Seyeg. Simbol-simbol tersebut diyakini merupakan ramalan kehidupan dalam satu tahun kedepan baik di bidang ekonomi, politik, pertanian dan alam. Adapun simbol yang muncul pada prosesi Pembukaan Cupu Kyai Panjolo kali ini yaitu:

  1. Bintang cacah 7 segitiga sisih lor
  2. Payung kuwalik sisih kulon
  3. Telapak tangan kiri sisih lor wetan
  4. Teko madep ngidul sisih wetan
  5. Wayang Batara Guru sisih kulon
  6. Angka 7 sisih kidul
  7. Suket dom-doman sisih wetan
  8. Titik 3 segitiga sisih kidul
  9. Semut urip sisih kulon
  10. Kendi + tutup sisih wetan
  11. Bayi turu mujur ngidul kulon
  12. Wong wedok 2 + anak sisih lor
  13. Wong wadon madep ngetan sisih kulon
  14. Padi kapas & kiwane cakra ing kidul wetan
  15. Rongko keris sisih lor kulon
  16. Lengen tangan tengen nempel pipi tengen
  17. Jam 9:20 sisih kulon
  18. Kemrasak trotol-trotol sisih wetan
  19. Kerangka uwong sikil sirah sisih kulon
  20. Macan marep ngalor sisih kulon
  21. Jaran mangap sisih lor kulon
  22. Getih garing sisih wetan
  23. Wit gedang ngrembuyung
  24. Wong nyekel panah cacah 3 sisih lor kulon
  25. Trotol-trotol sisih kulon
  26. Kliko jati sisih kidul
  27. Daging sisih lor wetan
  28. Angka 2 sisih kidul kulon
  29. Trotol-trotol nglemek sisih lor & lor wetan
  30. Angka 11 sisih lor
  31. Semut mati sisih wetan
  32. Huruf O sisih wetan
  33. Huruf J sisih kidul
  34. Narada sisih kulon
  35. Tikus Wirog sisih lor
  36. Angka 7 (Pitu) sisih kulon
  37. Kala jengking sisih kidul kulon
  38. Tari Bali sisih lor wetan
  39. Angka 5 sisih lor kulon
  40. Merang jagung sisih kidul wetan (tenggara)
  41. Wereng mati sisih kulon
  42. Wayang Semar marep kidul ngulon
  43. Wong lanang ndaplang sisih lor
  44. Dasamuka sisih lor

Posisi cupu: Semar Kinandu dan Palang Kinantang jejeg. Kenthiwiri doyong (miring) lor ngulon (barat laut).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon